6 Alasan Kenapa Anak Harus Membaca 20 Menit per Hari

Banyak anak yang lebih memilih bermain dengan gawai mereka ketimbang membaca buku, meskipun membaca buku memiliki banyak sekali manfaat.
Tentu saja dengan banyaknya hal menyenangkan lain untuk dilakukan, sulit untuk membuat anak-anak membaca buku yang bagus selama berjam-jam.
Tetapi anak-anak bisa mendapatkan manfaat dari membaca buku dengan menghabiskan waktu 20 menit saja per hari.

1. Keterampilan membaca sejak dini dapat mempengaruhi keberhasilan akademis anak
Membaca 20 menit sehari memaparkan anak-anak pada sejumlah besar kata (kurang lebih sekitar 1,8 juta kata!).
Dan paparan ini membuat anak-anak lebih mungkin mendapat nilai sekolah di atas rata-rata.
Sedangkan mereka yang kurang membaca berisiko tertinggal dari murid lainnya.

2. Rajin membaca membantu meningkatkan keterampilan menulis.
Dengan banyaknya kosakata yang diperoleh dari membaca 20 menit sehari, maka manfaat menulis pun juga bisa didapat.
Pada dasarnya, semakin banyak kata yang dibaca anak Parents, semakin luas kosakata mereka.
Dan kosakata yang luas membuat tulisan anak-anak lebih menarik dan mengesankan.
Mereka akan menemukan cara baru untuk menyampaikan makna, mengartikulasikan pemikiran mereka, membujuk orang, menggunakan bahasa kiasan, dan melibatkan emosi pembaca.
Ini dapat membantu mereka menjadi penulis yang lebih kuat, baik saat mengerjakan tugas membuat cerita pendek, esai, skripsi ataupun surat lamaran kerja.
Anak-anak yang jarang membaca cenderung tidak memperluas pengetahuan linguistik mereka dengan cara yang sama dan itu bisa dilihat dari kualitas tulisan yang mereka hasilkan.

3. Membaca dapat meningkatkan imajinasi anak-anak.
Para ilmuwan sekarang percaya bahwa sisi kreatif yang divisualisasikan dapat membantu anak secara emosional, dan bahkan dapat meningkatkan koneksi fisik tertentu di dalam tubuh.
Misalnya, membayangkan bermain piano dapat “meningkatkan koneksi saraf di daerah yang berhubungan dengan jari”.
Jadi mengembangkan imajinasi yang kuat dapat membantu anak-anak Parents untuk melakukan kontrol yang lebih besar atas pikiran, ingatan, dan banyak lagi.
Nah, membaca setiap hari dapat membantu memperkuat imajinasi anak, memperkenalkan mereka pada konsep, budaya, dan kemungkinan di luar pengalaman hidup mereka sendiri.
Mereka dapat belajar tentang dunia, merangsang rasa ingin tahu mereka, dan memberi mereka pemahaman yang lebih baik tentang kehidupan orang lain.

4. Bacaan fiksi dapat menstimulasi kreativitas anak-anak.
Imajinasi dan kreativitas adalah dua hal baik yang terkait.
Mengembara di dunia fiksi membantu anak-anak mengembangkan kreativitas mereka sendiri, karena mereka akan mengalami situasi, dunia, karakter, pikiran, dan perasaan yang mungkin belum pernah mereka temui dalam hidup mereka sendiri.
Terlebih lagi, dengan membaca mereka akan menyadari bahwa orang dapat mencari nafkah dari menulis buku, majalah, dan surat kabar.
Hal ini dapat menginspirasi mereka untuk mengeksplorasi kreativitas mereka sendiri dan dapat menjadi pilihan karir mereka di masa depan.

5. Buku yang bagus dapat membantu anak rileks.
Anak-anak, berapa pun usianya, memiliki banyak hal yang terjadi di keseharian mereka.
Mereka terus belajar, dan perubahan seperti transisi dari sekolah daring ke sekolah luring dapat membuat stres.
Dengan membaca bersama anak atau membiarkan mereka membaca secara mandiri terutama sebelum tidur, dapat membantu mereka bersantai dan melepas lelah.

6. Kebiasaan membaca dapat mengasah empati.
Studi menunjukkan bahwa membaca dapat membantu anak-anak untuk mengembangkan empati, dengan menantang mereka untuk mempertimbangkan bagaimana orang lain (karakter) mungkin berpikir atau merasa.
Orang tua dapat membantu mendukung pengembangan empati ini dengan bertanya seputar bacaan yang mereka baca seperti: Bagaimana perasaan si karakter? Apakah kamu juga akan merasakan hal yang sama?
Belajar untuk memahami situasi dan mempertimbangkan perasaan orang lain dapat membantu anak-anak dari segala usia untuk lebih berbelas kasih dalam hidup.

Anak-anak kecil, pra-remaja, dan remaja semuanya dapat menuai banyak manfaat dari membaca 20 menit sehari.
Jadi tunggu apa lagi? Ajaklah anak Parents membaca dan tetapkan membaca menjadi kebiasaan keluarga yang baru.

 

Sumber: kidskonnect.com


Leave a Comment