Untuk mendukung suasana belajar yang lebih interaktif dan menyenangkan, kelas pra sekolah atau PAUD harus punya sistem penataan yang benar. Meja kursi tak selalu harus ditata layaknya kelas-kelas di sekolah dasar. Cukup sesuaikan ruangan dengan kebutuhan kelas yang ada. Ada beberapa cara yang bisa Anda lakukan untuk membuat kelas pra sekolah menjadi lebih menyenangkan dan lebih menarik. Cukup lakukan lima langkah mudah berikut ini.

  1. Penataan Menja Kursi yang Tepat

Jika di dalam kelas ada meja dan kursi, pastikan meja dan kursi tersebut ditata dengan rapi. Lalu, dengan penataan kursi tersebut, guru juga bisa dengan mudah melihat seua murdi. Tugas guru dalam memanajemen kelas yang paling penting adalah memonitor siswa secara cermat.

  1. Bagi dalam Kelompok Kecil

Membagi murid dalam kelompok-kelompok yang lebih kecil akan membuat mereka lebih fokus dalam mengerjakan tugas. Hal ini juga lebih memudahkan para guru untuk membantu atau sekedar mengontrol mereka. Di dalam satu kelas, Anda bisa membagi siswa ke beberapa kelompk, satu kelompok bisa tiga sampai empat orang.

  1. Kelas yang Aman

Salah satu faktor yang cukup penting untuk membangkitkan ketertarikan anak dalam belajar di kelas adalah dengan menjaga keamamanannya. Bila ada peralatan, material, atau permainan di kelas yang tidak aman, segera simpan agar tidak melukai anak.

  1. Tempel Poster di Kelas

Poster dapat membantu siswa untuk belajar. Tema poster bisa disesuaikan dengan tema materi. Pasang poster dengan tinggi sesuai tinggi anak supaya bisa dilihat dengan mudah oleh mata anak. Gunakan warna yang menarik supaya mempercantik kelas.

  1. Mencegah Bosan

Saat anak-anak sudah terlihat bosan gelisah dan berlalu lalang tanpa alasan di kelas, itulah waktunya untuk menambahkan beberapa mainan baru di kelas. Atau jika mungkin, ubahlah setting kelas.

Demikian adalah lima tips mudah yang bisa guru lakukan untuk mengatur kelas pra sekolah agar terus menyenangkan dan aman. Kelas yang baik adalah kelas yang membuat para siswa betah berada di dalamnya.

 


Leave a Comment