Menggunakan permainan adalah salah satu cara penting untuk mengajar dengan efisien di kelas bahasa.Permainan berarti dunia untuk anak-anak. Tidak ada yang lebih menyenangkan daripada bermain bagi anak karena mereka merasa senang dan bebas saat bermain. Tidak peduli di dalam maupun luar ruangan, kita tidak dapat menyangkal pentingnya permainan. Jika siswa belajar lewat permainan,merasa senang dan bebas, itu berarti bahwa Anda telah mencapai tujuan Anda. Permainan memperkuat kemampuan bahasa, selain itu, para murid mengembangkan keterampilan sosial dan hubungan yang baik saat mereka berinteraksi satu sama lain.

Jika Anda bertanya-tanya seberapa sering saya harus menggunakan permainan dalam mengajarkan bahasa, jangan khawatir tentang hal ini. Anda tidak harus menempatkan waktu yang tetap untuk mengajar lewat permainan. Yang lebih penting malah sebenarnya para guru harus selalu memiliki permainan yang siap dimainkan kapan saja! Saat anda merasa bahwa anak-anak bosan dan lelah, dengan segera guru bisa memberikan mereka satu permainan . Guru bisa memberikan murid waktu untuk bermain game singkat (selama 10 – 15 menit) untuk mengatasi kebosanan anak. Guru tidak akan kehilangan waktu, sebaliknya permainan akan memberikan satu dampak postif bagi anak dan proses belajar mereka.

Satu masalah dengan menggunakan permainan di dalam kelas adalah bahwa beberapa guru merasa malas. Mereka sering mengeluh bahwa mereka tidak cukup waktu untuk mempersiapkan permainan. Tentunya, beberapa permainan membutuhkan persiapan dan waktu. Jika permainan membutuhkan beberapa alat tulis (seperti beberapa kardus, krayon, board dll.), Itu benar-benar membutuhkan waktu persiapan. Di sisi lain ada beberapa game yang mudah yang tidak memerlukan persiapan (seperti hangman, scrabble), maka para guru dianjurkan untuk memiliki arsip yang berisi tentang permainan-permainan yang pernah mereka gunakan lengkap dengan materinya.

Permainan memunculkan motivasi belajar siswa. Permainan mempersiapkan anak untuk hidup dan mereka memperoleh sikap sosial yang positif. Permainan mengajarkan berbagi, saling membantu dan bekerja sebagai tim. Seorang anak belajar dengan melakukan, mencoba dan meniru. Jadi semacam ini belajar secara langsung. Selama permainan beberapa perasaan seperti kesenangan saat menang dan ambisi saat kalah, ini yang akan membentuk karakter anak. Menggunakan game adalah cara yang efisien untuk mengajar Bahasa Inggris di kelas. Dengan cara ini kita bisa mendapatkan hasil terbaik.Permainan memunculkan motivasi belajar siswa. Yang terpenting, apapun tujuannya–baik speaking skill, grammar ataupun vocabulary–

Anda harus percaya bahwa setiap permainan, jauh lebih berguna daripada berton-ton latihan dan lembar kerja dan Anda akan mendapatkan hasil yang lebih positif daripada sekedar menghafal dan mencatat.
–Team think-e–

Referensi: http://englishtips.org/1150823770-the-importance-of-using-games-in-the-english.html