Yoga adalah kegiatan dan contoh gaya hidup sehat yang luar biasa bagi orang-orang di segala usia.
Namun, jenis latihan yoga berbeda-beda, tergantung pada usia dan kebutuhan spesifik seseorang.
Anak-anak, khususnya, dapat memperoleh banyak manfaat dari latihan yoga secara teratur, contohnya
– meningkatkan pengalaman sensori
– keseimbangan tubuh
– pelepasan energi yang berlebih
– membantu mengatasi kecemasan/ depresi
– tidur yang lebih baik
– lebih fokus
– relaksasi
– membantu postur tubuh
– meningkatkan kekuatan tubuh

Saat memulai mengajarkan yoga, tujuannya adalah untuk memperkenalkan mereka pada gerakan dan fokus pada kreativitas daripada menguasai pose dengan sempurna.
Setelah mereka lebih nyaman dengan beberapa pose, mulai tambahkan latihan pernapasan dan meditasi secara bertahap.

Beberapa pilihan pose yang bisa anak-anak lakukan berikut ini memberikan banyak manfaat pada mereka terutama untuk meredakan stress

1. Easy sitting pose
Duduk bersila dan letakkan tangan di atas lutut.
Jika anak Parents mengalami kesulitan duduk di atas lantai, mereka bisa duduk di atas selimut yang dilipat atau bantal.

2. Child’s pose
Ajak anak duduk dengan bertumpu pada tumit dan perlahan-lahan turunkan dahi di depan lutut.
Istirahatkan lengan di samping tubuh.
Pose ini dengan lembut meregangkan pinggul dan paha dan membantu menenangkan pikiran anak.

3. Cobra pose
Berbaring tengkurap dan letakkan telapak tangan rata di samping bahu.
Tekan dan angkat kepala dan bahu dari lantai.
Pose ini juga bisa memperkuat tulang belakang anak.

4. Happy baby
Berbaring telentang dan peluk lutut ke dada.
Pegang bagian luar kaki dengan kedua tangan dan goyangkan badan dari sisi ke sisi seperti bayi.
Pose ini tampak konyol, tetapi sangat menenangkan.

5. Warrior 1
Dari posisi berdiri, langkahkan satu kaki ke belakang lalu tekuk kaki depan pada sudut 90°.
Bawa kaki belakang rata ke tanah pada sudut 45°.
Angkat lengan ke atas, jaga agar pinggul tetap lurus.
Lakukan lagi dengan satu kaki yang lain.

Ada banyak keuntungan untuk memulai latihan yoga pada usia dini.
Yoga tidak hanya memberikan dasar tubuh yang kuat untuk dimiliki seorang anak saat mereka tumbuh dewasa,
namun juga dapat melatih ketenangan pikiran mereka.

Sumber: purewow & emedihealth


Leave a Comment