Sebelum mengajarkan anak untuk membaca, perlu ditanaman dulu pondasi-pondasi yang kuat agar anak bisa belajar membaca dengan lebih berkualitas.
Dasar kemampuan itu lebih akrab disebut sebagai pre-reading skill.

Kemampuan apa saja yang penting anak miliki sebelum berlatih membaca?

1. Motivasi anak untuk membaca
Untuk belajar, setiap anak membutuhkan motivasi, begitu juga untuk belajar membaca. Orang tua bisa menumbuhkan motivasi anak untuk belajar membaca dengan beberapa cara seperti menyediakan banyak buku di rumah, membacakan buku pada anak sejak usia dini, dan memberikan kesempatan pada anak untuk memilih buku yang mereka suka.

2. Kemampuan anak berbahasa
Sebelum memulai belajar membaca, sangat penting bagi anak untuk memiliki kemampuan berbahasa yang baik.
Mereka sudah harus mampu memahami bahasa sehari-hari mereka dan berkomunikasi secara verbal dengan lancar pula.
Tidak hanya berbincang saja, anak-anak butuh kemampuan untuk mendeskripsikan dan menceritakan ide-ide mereka sebelum belajar membaca sehingga pemahaman akan apa yang mereka baca juga bisa terlatih kelak.
Saat Parents membacakan buku, tanyalah berbagai macam pertanyaan seperti ‘Apa yang akan terjadi dengan karakter ini ya?’
Lalu latihlah anak untuk menceritakan kembali cerita yang Parents bacakan dan biarkan mereka memberikan ide-ide mereka dengan meminta mereka bercerita cerita buatan mereka sendiri.

3. Anak memahami konsep buku
Memahami konsep buku juga perlu anak miliki sebelum belajar membaca.
Anak perlu paham bagaimana memegang buku, membalik halaman, mengenali bagian-bagian buku seperti sampul depan atau sampul belakang. Mereka juga perlu diberitahu cara membaca buku dari kiri ke kanan sehingga saat Parents membacakan buku, mereka bisa mengikuti ilustrasi yang tergambar. Orang tua bisa menelusuri gambar dan tulisan yang ada sehingga anak bisa mengenali bentuk huruf dan bunyinya.

Setelah anak-anak memiliki kemampuan pre-reading di atas, mereka akan terus belajar dan mengasah kemampuan itu saat kelak belajar membaca. Dengan memiliki dasar yang baik, perjalanan mereka dalam belajar membaca akan menjadi lebih mudah dan anak-anak akan memiliki kemampuan membaca yang lebih baik.

sumber: https://abcsofliteracy.com

 


Leave a Comment