Cara melatih daya ingat

Hello kids,

Apakah kalian memiliki memori yang bagus untuk mengingat sesuatu ? Atau ternyata kalian sering lupa dan kesulitan untuk menghafal sesuatu ? Nah, kali ini think-e akan berbagi tips mengenai beberapa hal yang bisa kita lakukan untuk melatih daya ingat, Kids. Tipsnya adalah :

1. Membaca

Baca kembali buku pelajaran, artikel atau catatan saat kalian sedang belajar. Buatlah catatan kecil mengenai hal-hal yang menurut kalian penting untuk ditulis.

2. Mendengarkan Podcast

Dengarkan Podcast dari topik yang sedang kalian pelajari dan tulis beberapa hal penting yang kalian tangkap. Hal ini akan memudahkan kalian untuk mempelajari topik tersebut.

3. Merangkum

Catat semua hal penting dari topik yang sudah kalian pelajari dan cobalah untuk menjawab beberapa pertanyaan yang ada di buku.

4. Diskusi

Kalian juga bisa berdiskusi dengan teman. Dari diskusi kita bisa tahu lebih banyak informasi dan belajar bersama,

5. Mind mapping

Buatlah sebuah diagram dari hal yang sudah kalian catat. Diagram yang berwarna dengan desain yang unik, akan memudahkan kalian untuk mengingat topik yang dipelajari.

6. Latihan

Cobalah untuk melatih daya ingat kalian dengan latihan menjawab pertanyaan-pertanyaan, atau bahkan membuat soal sendiri.

7. Pelajari kembali

Pelajari lagi catatan yang sudah kalian buat untuk ujian. Tujuannya agar kalian mengingat kembali apa saja yang sudah dipelajari.

8. Makan teratur

Menjaga pola makan sangat penting untuk kita. Pola makan yang sehat dan bergizi akan membuat kita lebih fokus dalam belajar dan tentunya dapat meningkatkan daya ingat kita.

Itulah beberapa tips yang bisa think-e bagi untuk kalian. Semoga bermanfaat dan jangan lupa juga untuk berbagi tips ini kepada teman atau kerabat kalian.

 


Leave a Comment